Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/stkd7796/public_html/koneksi.php on line 2
STKIP PGRI Lamongan - http://www.stkippgri-lmg.ac.id
http://krs.stkippgri-lmg.ac.id

Pengintegrasian Virus Entepreneur Melalui Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Mahasiswa STKIP PGRI Lamongan

Title Pengintegrasian Virus Entepreneur Melalui Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Mahasiswa STKIP PGRI Lamongan
Author
Chayatun Machsunah, Yayuk
Advisor
Issue Date 4-04-2019
Tahun 2019
Abstract
English
Abstract
Indonesia
Lulusan perguruan tinggi Indonesia sedang mengalami dilema, sebab gelar ijazah pendidikan tinggi yang mereka raih tak lagi jadi jaminan mudah untuk mendapat pekerjaan. Kesulitan mereka terserap dunia kerja semakin bertambah berat, karena mulai 1 Januari tahun ini mereka juga bersaing dengan tenaga kerja asing dari      negara-negara ASEAN sebagai dampak berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sulitnya lulusan universitas lokal memperoleh pekerjaan sudah terlihat dari angka pengangguran terdidik Indonesia yang meningkat setiap tahun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2014, di Indonesia ada 9,5 persen (688.660 orang) dari total penganggur yang merupakan alumni perguruan tinggi. Mereka memiliki ijazah diploma tiga atau ijazah strata satu (S-1) . Dari jumlah itu, penganggur paling tinggi merupakan lulusan universitas bergelar S-1 sebanyak 495.143 orang. Angka pengangguran terdidik pada 2014 itu meningkat dibandingkan penganggur lulusan perguruan tinggi pada 2013 yang hanya 8,36 persen (619.288 orang) dan pada 2012 sebesar 8,79 persen (645.866 orang). "Tingkat pengangguran terbuka Indonesia berdasarkan pendidikan yang ditamatkan cukup membahayakan," kata mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal, pada Kompas, (27/4/2015). 
Untuk itu dalam mata kuliah Kewirausahaan semester Genap tahun 2016 ini mahasiswa STKIP PGRI Lamongan jurusan Pkn dan Ekonomi dibekali semangat untuk tidak tergantung pada pundak pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan, karena STKIP PGRI Lamongan adalah perguruan tinggi yang mencetak sarjana pendidikan yang kebanyakan mahasiswa mindsetnya adalah menjadi guru di sekolah-sekolah negeri atau menjadi guru PNS. Untuk itu dalam mata kuliah kewirausahaan diharapkan ada semacam virus yang menyebar untuk para mahasiswa merubah mindset dari menjadi PNS untuk beralih ke wirausaha. Mahasiswa mulai termotivasi  untuk berwirausaha dan tidak lagi mengandalkan pundak pemerintah untuk penyediaan lapangan pekerjaan. Mahasiswa mulai mempunyai semangat untuk berwirausaha, Mahasiswa tidak takut lagi berwirausaha karena terganjal faktor modal, Mahasiswa tidak takut gagal dalam berwirausaha, Mahasiswa tidak menganggap wirausaha mengandung resiko yang besar. 
Didalam mata kuliah kewirausahaan diajarkan tentang teori konsep dasar kewirausahaan meliputi : sikap, kepribadian dan profil seorang wirausaha, pengenalan potensi diri, pengembangan kemampuan manajerial, keberanian mengambil resiko, pengenalan fungsi model kewirausahaan, mengembangkan ide dan analisis peluang usaha, analisis SWOT, pembuatan rancangan usaha. 
Dengan ini diharapkan semakin banyak sarjana yang berwirausaha atau menjadi enterpreneurship sehingga menjadi mandiri bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk diri sendiri, dan tidak tergantung pemerintah, bahkan bisa membantu untuk menyiapkan lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Keyword Enterpreneur, Mata Kuliah Kewirausahaan
URL http://repository.stkippgri-lmg.ac.id/handle/39/Pengintegrasian Virus Entepreneur Melalui Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Mahasiswa STKIP PGRI Lamongan
File Baca Download
Keterangan Baca 13 kali. Download 15 kali