http://krs.stkippgri-lmg.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2015

Title Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2015
Author
Hartono
Sutarum
Rosyidi, Unifah
Widiyanto
Abdurrachman, Ode
Wardhono, Agus
Advisor
Issue Date 9-09-2016
Tahun 2015
Abstract
English
Abstract
Indonesia

Pendidikan yang bermutu menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah Indonesia. Masih banyak fenomena kurangnya jumlah maupun kualitas pendidik/guru dari pemerintah mengakibatkan pendidikan di Indonesia kurang  bermutu.  Regulasi  yang  jelas,  tidak  direduksi  dan  tidak  multi  tafsir  tentu  saja  sangat  dibutuhkan sebagai acuan dalam mewujudkan guru profesional dan bermartabat untuk kepentingan terbaik putra putri bangsa. Permasalahan pendidikan khusunya permasalahan guru dan tenaga  kependidikan sejatinya bukan semata-mata terletak pada regulasi pendidikan, tetapi terletak pada implementasi yang belum sejalan. Dalam makalah  ini  dibahas  anatomi  permasalahn  guru  beserta  solusinya.  Berbagai  macam  permasalahan  yang terjadi  pada  guru  diantaranya,  1)  Kualifikasi  akademik  yang  belum  sesuai  harapan,  2)  Simpang  siur pemahaman guru tetap, 3) Rumitnya kenaikan pangkat dan karir guru, 4) Beban mengajar cukup tinggi 5) Sistem  pencairan  tunjangan  profesi  yang  perlu  diperbaiki,  6)  Uji  Kompetensi  Guru  belum  mampu meningkatkan mutu guru secara keseluruhan. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan menjadi awal dari penyiapan  guru  profesional.  Memetakan  dan  membuat  design  kebutuhan  guru  dan  pentahapan pengangkatannya hingga tuntas sehingga semua sekolah di berbagai jenjang dan jenis terpenuhi kebutuhan gurunya. Pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban untuk membuat disain dan menyediakan sumber daya yang mencukupi untuk pelaksanaan pembinaan dan pengambangan profesi guru. Kesejahteraan guru menjadi bagian penting dari peningkatan profesionalisme guru. Regulasi tentang pendidikan juga seringkali antara satu dengan yang lainnya bertentangan. Kajian para ahli untuk sinkronisasi dan harmonisasi antar peraturan  merupakan  kebutuhan  mendesak  sehingga  guru  tidak  menjadi  korban  akibat  kebingungan penerapan aturan yang berbeda-beda.Pada akhirnya semua peraturan atau regulasi adalah instrumen untuk menata agar suatu program dapat dilaksnakan dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan masyarakat.

Keyword prosiding, seminar nasional pendidikan, 2015
URL http://repository.stkippgri-lmg.ac.id/handle/3/Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2015
File Baca Download
Keterangan Baca 67 kali. Download 82 kali