http://krs.stkippgri-lmg.ac.id

Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa

Title Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa
Author
Eryadini, Ninies
Advisor
Issue Date 9-09-2017
Tahun 2016
Abstract
English
Abstract
Indonesia
Tulisan ini mengkaji tentang konsep gaya belajar dan pengaruhnya terhadap kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) keterampilan berfikir kritis (critical thinking skill) merupakan ciri dari masyarakat era globalisasi saat ini, yaitu masyarakat berpengetahuan (knowledge-based scoeity). Namun berfikir kritis dirasa oleh sebagian besar mahasiswa sulit, apalagi pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada dosen (Teacher Centered Learning) sehingga mahasiswa sulit untuk mengungkapkan gagasannya. Sehingga kemampuan berfikir kritis mahasiswa masih rendah. Gaya belajar dirasa menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritisnya. Hal ini didasarkan dari hasil kajian Nurbaeti, dkk (2015) Terdapat hubungan secara positif antara gaya belajar dengan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan upaya pengembangan kemampuan berfikir kritis mahasiswa dengan memperhatikan gaya belajar masing-masing individu. Pencapaian keterampilan berfikir kritis mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya gaya belajar. Selain penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, gaya belajar juga menjadi faktor pendorong untuk mencapai keterampilan berfikir kritis. Karena gaya belajar siswa mempunyai kaitan yang erat dengan pencapaian nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif peseta didik.
Keyword Gaya Belajar, Kemampuan Berfikir Kritis
URL http://repository.stkippgri-lmg.ac.id/handle/23/Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa
File Baca Download
Keterangan Baca 35 kali. Download 34 kali